Selasa, 24 Juni 2014

Bangga Menjadi Indonesia


Juli Arianto      

10207613/ 2EA07

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita mencintai dan menghargai apa yang kita miliki di negara ini. Namun terkadang semakin derasnya gaya hidup yang masuk mengubah segala cerminan bangsa kita sebagai Indonesia yang dikenal dengan budaya ketimurannya yg sopan. Akan tetapi kita harus bangga menjadi orang Indonesia karena banyak hal yang tidak dimiliki oleh negara lain. Contohnya sebagai berikut :

1)      Budaya

Budaya Indonesia sangat kaya dan menarik perhatian dunia internasional. Tari kecak dari Bali sangat terkenal sampai ke manca negara. Gamelan, alat musik asli Indonesia sangat terkenal di dunia. Bahkan banyak orang asing yang sangat antusias dan senang belajar gamelan, angklung maupun tarian daerah asal Indonesia. Kalau mereka saja suka, mengapa kita harus malu? 

2)      Batik
Batik menjadi salah satu kebanggaan orang Indonesia. Sejak diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, masyarakat Indonesia mengistimewakan batik dengan menjadikannya sebagai Hari Batik setiap tanggl 2 Oktober.


3)      Bahasa

Bahasa adalah identitas sebuah bangsa. Saat kita pergi ke luar negeri misalnya, bahasa yang digunakan sudah pasti berbeda. Tapi pernahkah kita berpikir, dengan ribuan pulau yang ada di Indonesia dengan beragam suku serta ras yang ada di sana, tetap bahasa pemersatunya adalah bahasa Indonesia.

4)      Kuliner

Siapa yang tidak suka dengan rendang? Masakan tradisional asal Minangkabau ini hanya bisa ditemukan di Indonesia. Bahkan rendang pun sekarang diakui keberadaannya di dunia. Kuliner lain yang tak kalah enaknya dan dapat ditemukan di Indonesia adalah gado-gado dan rujak.




 

Meskipun negara kita dirundung masalah, ini tetap negara kita tempat kita hidup dan mungkin tempat dimana kita dikuburkan nanti. seburuk-buruknya pemerintahan saat ini, tetaplah ini negara kita. Indonesia tidak bersalah, yang salah adalah orang-orang berkuasa yang mengurus negara ini. tetapi jangan pula hanya mencaci maki mereka yang tidak becus mengurus negara. tetapi lakukanlah sesuatu untuk Indonesia. jadi tetaplah jaga cinta untuk indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar